Moge dari Jogja

Diposting oleh di 11.34
Jogja



Barangkali Anda tidak percaya kalau sepedamotor ini garapan bengkel baru N'Joy76 di Yogyakarta yang baru buka empat bulan lalu. Karyanya dipertunjukkan melalui konsep broadtrack dengan ciri terkuat mengutamakan bentuk rangka tanpa penutup cover bodi.

"Kalau di Amerika, Harley Davidson yang banyak diubah seperti ini dan untuk keperluan drag atau balap jalan raya," ungkap pemodifikator Rifai Nurhasan.

Dengan basis Honda Mega Pro, rangka asli dibuang dan dibuat baru dengan bahan saimless yang memiliki dua ukuran. Untuk depan, terang Rifai pakai yang 1,25 inci dan belakang 1 inci saja.

Pengerjaan rangka sangat hati-hati, terutama pada setiap bagian lekukan. Beruntung, mantan karyawan percetakan Gramedia itu punya alat khusus yang bisa menekuk pipa yang seolah bisa dibuat menyatu antara bagian backbone hingga lengan ayun.

Agar tampilan suspensi depan apik, ia menggabungkan antara pipa besi biatannya dengan variasi upside down untuk bebek. Upside down ini, katanya, untuk peredamnya. Wheelbase pun bertambah sekitar 15 cm karena bagian depan sokbreker yang menjorok, sedang yang belakang masih sesuai standar.

Proses penyempurnaan detail sangat diperhatikan Rifai. Seperti penggunaan klem atau pengikat antar sambungnan rangka. "Selain untuk memperkuat bagian warna hitam, juga mempercantik tampilan," katanya.

Trus, desai sepatbor belakang cukup unik. Fungsinya, tak sekadar penahan pecikan air, tapi sekaligus sebagai knalpot. Alasannya, dengan penyatuan ini, bagian belakang jadi tidak ramai. Tak cuma itu, lampu stop juga disatukan di sepatbor.

-- Tidak ada komentar --

Posting Komentar